Minggu, 10 April 2011

Rangakaian Radio Menggunakan Transistor dan IC

 

Radio Menggunakan Transistor
Bagian Antena
Salah satu bagian penting dari suatu stasiun radio adalah antena, ia adalah sebatang logam yang berfungsi menerima getaran listrik dari transmitter dan memancarkannya sebagai gelombang radio. Ia berfungsi pula sebaliknya ialah menampung gelombang radio dan meneruskan gelombang listrik ke receiver.

Bagian Tuning
Bagian tuning disebut juga bagian penelaan / menempatkan atau memilih sinyal frekuensi radio yang kita inginkan.

Bagian Detektor
Bagian detector berfungsi memisahkan sinyal frekuensi rendah dari sinyal frekuensi radio/sinyal frekuensi tinggi. Di bagian pemancar radio itu terdiri dari sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah.

Bagian penguat AF (audio frequency)
Bagian penguat AF ialah bagian pada pesawat penerima radio yang bertugas menguatkan suara. Dapat dikatakan bagian penguat AF sama dengan penguat suara.(audio amplifier).

Bagian penguat akhir
Bagian penguat akhir adalah bagian paling akhir dari suatu penguat suara. Di bagian inilah semua penguatan berakhir. Oleh karena itu dinamai bagian penguat akhir.

Bagian alat suara
Bagian alat suara dirupakan oleh symbol loud speaker. Dengan alat inilah semua siaran dari pesawat pemancar radio dapat kita dengar.

Bagian sumber arus
Bagian sumber arus berguna memberikan daya listrik untuk mengoperasikan pesawat penerima radio. Bagian ini dirupakan oleh symbol baterai.

Radio menggunakan IC
Pesawat radio menggunakan IC akan tampak lebih ringkas dibading dengan transistor, serta menggunakan komponen-komponen sampingan yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan pesawat radio penerima radio bertransistor.
                Dengan menggunakan IC, bagian osilator, bagian mixer, bagian pengauat AF, dan bagian detector bisa dijadikan satu rangkaian. Jadi sebuah rangkaian pesawat IC bisa mewakili banyak komponen yang ada pada bagian-bagian dari pesawat penerima radio transistor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar