Senin, 11 April 2011

BELAJAR PROGRAM MICROSOFT WORD

Pengertian Program Microsoft Word
Program microsoft word adalah salah satu program windows yang berfungsi untuk mengolah kata-kata. Hal – hal yang dapat dikerjakan oleh program microsoft word antara lain adalah mengetik teks, membuat surat, membuat tabel dan grafik, menggambar, dan masih banyak hal lain yang dapat dikerjakan oleh program microsoft word.

Cara Membuka Dan Menutup Program Microsoft Word
Cara untuk membuka program microsoft word adalah sebagai berikut:
Ø  Click menu start à click program microsoft office à pilih microsoft word.
Cara untuk menutup program microsoft word adalah sebagai berikut:
Ø  Click tombol (X) yang berada pada pojok kanan atas. Atau,
Ø  Pilih menu file à pilih Exit.

Mengenal tombol – tombol keybord untuk mengetik
Sebelum menggunakan program microsoft word, kita harus menguasai menggunakan tombol – tombol perintah keyboard. Pada papan keyboard terdapat banyak sekali tombol yang terdiri dari tombol huruf, angka, simbul dan tombol fungsi. Untuk itu ada beberapa tombol utama yang harus dikuasai dalam mengetik pada program microsoft word antara lain:
Tombol Caps Lock
Capital lock berfungsi untuk mengunci tombol dengan huruf capital, sehingga setiap kita mengetik huruf akan selalu berbentuk huruf capital / huruf besar. Cara mengaktifkan tombol caps lock adalah dengan menekan satu kali saja lampu indicator pada papan keyboard sebelah kanan akan menyala. Untuk mengembalikan caps lock yaitu tekan satu kali saja maka lampu caps lock akan mati dan huruf capital kembali menjadi huruf kecil.
Tombol Tabulasi / Tab
Tombol tabulasi terletak disebelah kiri keyboard dengan tulisan Tab dan ada tanda panah kiri-kanan. Tombol tab berfungsi sebagai untuk mengeser posisi kursor ke beberapa posisi ke depan.
Tombol Enter
Tombol enter berada pada tengah dan kanan bawah papan keyboard yang berbentuk besar denagn simbul panah bengkok ke kiri. Tombol enter memiliki banyak fungsi diantaranya adalah menyetujui perintah yang telah kita pilih, memindah kursor kebawah dan masih banyak lagi perintah yang bisa dilakukan oleh tombol enter.
Tombol Space / Spasi
Tombol space / spasi berada pada bagian bawah keyboard dengan ukuran paling panjang dibanding tombol lainnya. Tombol ini berfungsi untuk memindah posisi kursor satu karakter/posisi kedepan kursor (member jarak spasi antar kata).
Tombol Shift
Tombol shift berada pada bagian kanan dan kiri bawah papan keyboard dengan symbol tanda panah keatas. Tombol ini berfungsi untuk menuliskan tanda /tulisan yang ada pada bagian atas tombol, seperti %, tanda @, $,# dan masih banyak lagi. Untuk menggunakannya tekan tombol shift dan jangan dilepas kemudian tekan tombol yang diinginkan secara bersamaan.
Tombol Delete / Del
Tombol delete terletak pada bagian kanan papan keyboard (disamping tobol enter). Tombol delete berfungsi untuk menghapus tulisan yang berada disebelah kanan kursor. Untuk menggunakannya tekan tombol delete sekali atau lebih sesuai dengan tulisan yang ingin dihapus.
Tombol Back Space
Tombol back space terletak pada bagian tengah kiri (atasnya tom bol enter) papan keyboard. Tombol backspace berfungsi untuk menghapus tulisan yang berada disebelah kiri kursor. Untuk menggunakannya tekan tombol delete sekali atau lebih sesuai dengan tulisan yang ingin dihapus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar